Sabtu, 29 September 2012

cara membuat kentucky renyah

Cara Membuat Ayam Goreng Kentucky Renyah








Sebenarnya sudah sering sekali mencoba membuat ayam kentucky. Nur El sudah mencoba berbagai macam bumbu siap saji merk apapun . Juga sudah mencoba meracik adonan sendiri. Tapi belum pernah mendapatkan hasil yang sesuai keinginan (yang penampakan dan renyahnya seperti ayam goreng di KFC asli ataupun di ayam goreng kentucky-kentuckyan (yang suka dijual dipinggir jalan).

Dengan penuh keberanian akhirnya mencoba untuk kesekian kalinya dan akhirnya tarrrrraaaaaa alhamdulillah akhirnya berhasil juga. Senengnya bukan main. Suami dan mbak (pembantu) bilang sudah mirip ayam kentucky. Rafif donk yang lucu. Dia kira mamanya beli ayam KFC..:). Alhamdulillah Rafif dan Razaan doyan. Ini dia resep ayam goreng kentucky ala Nur El yang mudah sekali membuatnya. Kunci untuk membuat tekstur kulit yang bergelombang (keriting) seperti ayam goreng KFC adalah pada saat meremas ayamnya harus sangat kuat hingga dagingnya kelihatan robek atau pecah. Untuk mendapatkan kulit yang renyah kuncinya adalah pemakaian soda kue. Ini dia resep ayam goreng kentucky ala Nur El. Selamat mencoba yaaaaah.




Bahan:
1. Ayam 1 ekor, potong 14 atau sesuai selera (tidak termasuk kepala dan ceker).
2. Minyak sayur.
3. Tepung terigu 180 gr.
4. Tepung sagu 60 gr.
5. Air es  (air yang disimpan di kulkas)150 ml.
6. Garam 7-8 gr.
7. Soda kue 3 gr
8. Lada bubuk 1/4 sdt.

Bahan untuk mengungkep ayam selama semalaman:
1. Bawang putih 2 siung, dicincang.
2. Garam 1 sdm.

Cara membuat:
1. Cuci bersih ayam sampai air cuciannya tidak berwarna merah. Ungkep dengan bumbu ungkep, simpan semalaman didalam kulkas (dibagian freezer). Apabila mau digoreng harus dikeluarkan dulu lalu biarkan hingga suhu ayam menjadi normal (sudah tidak beku dan dingin).
2. Campurkan tepung terigu, tepung sagu, garam, lada bubuk, dan soda kue. Aduk-aduk hingga merata (menjadi adonan kering).
3. Ambil 45 gr adonan tepung, letakkan dipiring yang berbeda. Tambahkan air es secara bertahap sambil terus diaduk hingga licin atau tidak ada gumpalan tepung (menjadi adonan cair). Sisihkan.
4. Panaskan minyak sayur yang banyak. Ambil 1 potong ayam (bawang putihnya tidak ikut dipakai), masukkan keadonan cair lalu masukkan kedalam adonan kering, lumuri hingga merata dan tepung menempel. Lalu remas-remas yang kuat hingga daging ayam kelihatan pecah. Langsung masukkan kedalam minyak panas. Lakukan untuk setiap potong ayam. Goreng sampai kuning keemasan dengan minyak sayur yang banyak (sampai ayam terendam minyak sayur) dan api besar (besarnya tergantung kompor masing-masing). Angkat, tiriskan dan siap untuk disajikan.

Catatan:
1. Ayam saat baru dimasukkan kedalam minyak sayur panas akan tenggelam dan saat matang ayam menjadi mengambang didalam minyak sayur. Yang pasti saat Nur El membuat ayam ini bagian dalamnya matang tidak ada darah segarnya lagi (ini harus yah).
2. Ayam yang diungkep dengan bumbu ungkep apabila tidak mau digoreng semua secara sekaligus bisa disimpan didalam freezer lebih lama (pengalaman Nur El sampai 3 malam).
3. Perbandingan tepung terigu dan tepung sagunya 3:1.
4. Ayam goreng kentucky ini digoreng pagi dimakan siang ataupun digoreng siang dimakan malam masih enak aja, renyah dan garing kulit luarnya (tepungnya). Tapi harus benar-benar ditiriskan minyaknya agar saat diletakkan dipiring saji tidak ada minyak dibawah ayamnya, karena bisa menyebabkan melempem. Dan resep ayam goreng kentucky ini apabila diangetin lagi atau digoreng ulang masih menghasilkan rasa dan kerenyahan yang enak.

4 komentar:

  1. ayam gorengnya kok diungkep dulu apa gak melempem sob, soalnya menurut pengalamanku ayam yang sudah diungkep gak akan bisa renyah lagi bila digoreng pake tepung...

    BalasHapus
  2. terimakasih, setidaknya akan saya coba dulu :)

    BalasHapus
  3. Hmmm... Ayam goreng tidak perlu di ungkep. Saat memarinasi ayam dg bumbu aduk2 ayam yg sudah berubumbu selama 15 menit. setelah itu masukan dalam kantong plastik, tutup rapat. setelah itu masukan ayam ke dalam frezer selama minimal 2 jam.
    Masalah untuk ayam jadi keriting gk perlu diremas2, apalagi sampai kuat meremasnya. saat penepungan ayam dibalik2 didalam tepun (tepung hrs banyak) berkali2, setelah itu masukkan ayam yg terlumuri tepung ke dalam saringan besar, koyak ayam tsb smpai bentuknya keriting, lalu goreng... (AWe Chivken surabaya)

    BalasHapus
  4. Empuknya ayam itu rahasianya ada dimarinasi,bukan diungkep..!
    Cek rahasianya disini
    cara membuat ayam empuk tanpa diungkep dengan hasil keriting

    BalasHapus